PRABOWO DALAM OPERASI PEMBEBASAN SANDRA MAPENDUMA



PRABOWO SUBIANTO dalam Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma adalah operasi militer untuk membebaskan peneliti dari Ekspedisi Lorentz 95 yang disandera Organisasi Papua Merdeka dalam peristiwa Krisis sandera Mapenduma. Operasi ini sebagian besar anggotanya berasal dari Kopassus. Operasi ini dimulai tanggal 8 Januari 1996 sejak dilaporkannya peristiwa penyanderaan tersebut, dipimpin oleh Komandan Kopassus Prabowo Subianto.
Kisah pembebasan sandera di Mapenduma pada 1996 oleh Kopassus telah membuat pasukan elite TNI Angkatan Darat ini disebut-sebut sebagai pasukan elite nomor tiga di dunia, setelah SAS (Inggris) dan Satuan Antiteror Israel. Keberhasilan operasi pembebasan sandera itu tak lepas dari tangan dingin Brigjen TNI Prabowo Subianto, Komandan Jenderal Kopassus waktu itu.

Operasi ini berakhir tanggal 9 Mei 1996 setelah penyerbuan Kopassus ke markas OPM di Desa Geselama, Mimika

Pak Prabowo saat memimpin Oprasi Mapenduma di tahun 1996.
Banyak cerita tentang Operasi Mapenduma Papua di tahun 1996 yang mengisahkan secercah kisah heroik dari Kopassus yang diterjunkan di belantara bumi cendrawasih itu. Dan, tentu kita tak bisa melupakan peran seorang Jenderal Prabowo Subianto dalam operasi ini yang saat itu diposisikan oleh negara sebagai pengendali operasi, sosok yang kini menjadi Calon Presiden di republik ini.

source

Tinggalkan Balasan